Minggu, 07 Juni 2009

Direct Marketing

membicarakan pemasaran tak lepas dengan promosi. secara singkat, promosi berkaitan dengan upaya bagaimana orang dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahami, berubah sikap, menyukai, yakin, dan akhirnya membeli.
bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama pada umumnya, namun dapat dibedakan pada tugas khusunya.
Bauran promosi yang akan di bahas adalah
direct marketing.

kalo personal selling berupaya mendekati pembeli, iklan memberitahu dan mempengaruhi pelanggan, sales promotionmendorong pembelian dan public relation membangun dan memelihara citra perusahaan, maka direct marketing memadatkan semua kegiatan tsb dalam penjualan langsung tanpa perantara.

direct marketing adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan beberapa atau satu media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di lokasi manapun.

komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen individual, dengan tujuan pesan-pesan dapat ditanggapi konsumen melalui telephone, pos atau datang langsung ke tempat pemasar. teknik ini berkembang sebagai respon terhadap demasifikasi pasar, dimana semakin banyak relung pasar (market niche) dengan kebutuhan serta pilihan yang sangat individual.

di satu sisi, dengan berkembangnya sarana transportasi dan k
omunikasi mempermudah kontak dan transaksi dengan pasar, perusahaan relatif mudah mendatangi langsung calon pelanggan atau menghubungi via telephone atau surat.
contoh catalogs magazine
Alat-alat promosi Direct Marketing antara lain sbb :
  • catalogs
  • mailings
  • telemarketing
  • electronic shoppings
  • kiosk shopping
  • TV direct response marketing
  • radio, magazine, newspaper directrespone marketing.
contoh catalogs
fyi : banyak wanita yamg nekerja turut andil untuk perkembangan direct marketing, karena semakin sedikit waktu mereka untuk beebalanja. selain itu, panjangnya antrian dikasir juga menyebabkan konsumen harus rela sabar menunggu, padahal mereka diburu waktu. lalu lintas yang padat dan sulit mencari parkir menyebabkan orang malas pergi berbelanja di toko atau supermarket.
akibatnya, direct marketing semakin berkembang dan diminati konsumen.

melalui direct marketing, konsumen juga dapat memperoleh manfaat yaitu penghematan waktu dan dapat berbelanja secra diam diam atau rahasia.

melalui direct marketing, bagi penjual manfaat yang diperoleh adalah dapat memilih calon pembeli secara selektif, dapat menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memperoleh peluang baru yang menguntungkan.

meski begitu, ada juga masalah yang dihadapi dengan teknik direct marketing ini misalnya ada orang yangterganggu kerena penjual agresif, timbulah citra buruk bagi industri bila ada direct marketer yang menipu konsumen, menggangu privacy konsumen, dan terkadang banyak juga yang memanfaatkan pembeli impulsif atau yang kurang mengerti teknologi.

oleh karena itu, kita harus menjadi direct marketer yang profesional :)




sumber : Tjiptono, fandy.1996.Strategi Pemasaran.Yogjakarta:Andi Offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar